Perbedaan Partikel Subjek 은/는 (eun/neun) dan 이/가 (i/ga)

Perbedaan dan Penggunaan 은/는 dan 이/가 dalam Kalimat Bahasa Korea

Penggunaan partikel subjek dalam bahasa Korea yaitu / dan / bagi pemula cukup membingungkan, karena pemakaian partikel 은/는 dan 이/가 adalah sama, yaitu diletakkan setelah subjek.

Kita juga sering kebingungan tentang kapan partikel 은/는 dan 이/가 ini harus digunakan. Namun kita tidak usah takut, kalaupun kita salah menggunakannya, orang Korea masih bisa memahami maksud ucapan kita.

Karena partikel / dan / berfungsi sebagai penanda subjek, maka penggunaannya pun ditempatkan setelah subjek kalimat.

Contoh, kita akan membuat kalimat, "KUCING MAKAN IKAN".
kucing = 고양이
makan = 먹다 (bentuk dasar/kamus)
ikan = 생선

karena yang makan ikan adalah "kucing", maka kucing adalah sebagai SUBJEK (pelaku), sedangkan ikan (yang dimakan) adalah sebagai OBJEK.

Dalam tata bahasa Korea, untuk membedakan mana subjek dan mana objek diperlukan suatu partikel penanda, yang disebut partikel penanda subjek atau partikel penanda objek(/). (untuk lebih jelasnya tentang partikel penanda objek, baca di sini).

Maka, kalimat "KUCING MAKAN IKAN" (Subjek-Predikat-Objek) apabila diubah ke dalam pola kalimat bahasa Korea (Subjek-Objek-Predikat), akan menjadi:

고양이 생선 먹다. = kucing makan ikan.
atau
고양이 생선 먹다. = kucing (yg) makan ikan.

Di sini terlihat bahwa partikel / atau / sama-sama bisa dipasang setelah subjek kalimat, namun ada sedikit perbedaan dari segi keadaan subjek tersebut.

  • 고양이 생선 먹다 = kucing makan ikan. ; di sini setelah 고양이 menggunakan partikel . Fungsi partikel / di sini adalah sebagai pembentuk topik kalimat, juga sebagai pembentuk subjek. Berarti yang menjadi topik pembicaraan sekaligus sebagai subjek dalam kalimat ini yaitu "KUCING" (고양이).
  • 고양이 생선 먹다. = kucing (yg) makan ikan. ; di sini setelah 고양이 menggunakan partikel . Fungsi partikel / di sini adalah sebagai pembentuk subjek kalimat, juga sebagai PENEGAS.

Apabila kita bertanya "Siapa yang makan ikan?", jawaban yang lebih menegaskan untuk menjawab kalimat ini adalah kalimat 고양이 생선 먹다. = kucing (yg) makan ikan.
karena kalimat 고양이 생선 먹다 bisa juga diartikan: "(yg) makan ikan (adalah) kucing."

Catatan:
  1. 은/는
    • : digunakan setelah subjek yang berakhiran Konsonan.
    • : digunakan setelah subjek yang berakhiran Vokal.
  2. 이/가
    • : digunakan setelah subjek yang berakhiran Konsonan.
    • : digunakan setelah subjek yang berakhiran Vokal

Itulah sedikit penjelasan tentang penggunaan 은 dan 는 serta penggunaan 이 dan 가.

Semoga garis besar perbedaan dan penggunaan partikel subjek dalam bahasa Korea ini bisa dipahami dengan mudah bagi para pemula yang sedang belajar bahasa Korea dasar.
Seoulina.com - Belajar Bahasa Korea Online
Rating: 4.8/ 5 based on 937 visitor reviews.
logo web seoulina
Subscribe Post Seoulina.com